Review Royal Safari Garden – Liburan Unik di Puncak

Setelah sekian lama tidak menyempatkan diri untuk liburan, pada akhir November kemarin saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan waktu pada akhir pekan untuk berlibur.

Bagi saya, rasanya liburan kali ini bukan lagi dari sekedar menyenangkan diri, tapi lebih dari butuh. Bagaimana tidak, setelah dua bulan terakhir saya selalu disibukan dengan berbagai urusan kantor yang mengharuskan saya bolak-balik luar negeri.

Dengan alasan inilah pada akhirnya saya membulatkan niat untuk berlibur. Demi melepas penat dan kebutuhan akan menyegarkan pikiran setelah kemarin-kemarin disibukkan oleh rutinitas.

Pada liburan yang terbilang singkat ini, saya mengajak keluarga, yakni istri dan dua anak saya untuk jalan-jalan ke daerah Puncak.

Tempat yang satu ini memang tepat untuk dijadikan destinasi liburan yang tepat bagi kami sekeluarga karena meski dekat dari Ibu Kota Jakarta, puncak punya berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kebanyakan, destinasi wisata yang ada di kawasan puncak ini merupakan wisata-wisata alam yang sudah pastinya tidak bisa warga ibu kota nikmati di Jakarta. Mulai dari Wisata Alam Gunung Pancar, Penangkaran Rusa Giri Jaya, Telaga Warna Puncak, Kebun Teh Cisarua, Curug Cilember, dan masih banyak lagi.

Nah, ketika sampai pada waktunya untuk menentukan pilihan penginapan, saya akhirnya sepakat dengan istri untuk bermalam di Hotel Royal Safari Garden. Kami sepakat dengan alasan karena hotel ini punya konsep yang unik,pelayanan dan fasilitas yang baik, serta juga sekalian mengenalkan pada anak-anak kami berbagai satwa yang ada di hotel ini.

Oleh karena itu, lewat review Royal Safari Garden ini, saya akan mencoba untuk menceritakan pengalaman serta mengulas hotel yang terletak di kawasan Puncak tersebut.

Simak terus, ya!

Lokasi Hotel

Royal Safari Garden Hotel memiliki lokasi yang bertempat di kawasan Puncak., yakni di daerah Cisarua yang memiliki jarak sekitar 26 km dari Kota Bogor. Untuk alamat lengkap dari hotel ini adalah Jl. Raya Puncak No. 601, Cisarua.

Butuh waktu sekitar 2 jam dengan mobil (lewat jalur tol) untuk mencapai hotel ini dari kediaman saya yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. Berdasarkan informasi yang terpapar di website hotel, Royal Safari Garden Hotel berlokasi 77 km dari Kota Jakarta, sedangkan 90 km untuk anda yang tinggal di Bandung.

Hotel bintang empat ini punya lokasi yang cukup strategis jika anda berencana untuk mengunjungi objek-objek wisata yang ada di daerah Puncak.

Misalnya, jika anda berencana untuk mengunjungi objek wisata seperti Air Terjun Cilember atau Cimory Mountain View, hanya butuh jarak tempuh sejauh 2.50 km untuk mencapainya dari Royal Garden Safari. Sedangkan untuk objek wisata lainnya seperti The Ranch Cisarua atau Taman Wisata Matahari Bogor, anda hanya butuh jarak tempuh sejauh 3 km.

Kamar Hotel dan Fasilitasnya

Royal Safari Garden Hotel punya tujuh tipe kamar yang semuanya dinamakan berdasarkan satwa-satwa. Mulai dari Leopard, Giraffe, Cendrawasih, Bungalow Panda, Bungalow Lion, Elephant, dan Dolphin

Saya sekeluarga sepakat untuk memilih tipe kamar Giraffe dengan alasan anak sulung saya yang memang gemar dengan hewan yang satu ini.

Saya dan istri sepakat untuk memilih tipe kamar Giraffe Suite yang punya ukuran luas. Tempat tidur di kamar ini menggunakan kasur king size yang berukuran luas sehingga lega, namun pada akhirnya kami meminta extra bed agar saat kami sekeluarga tidur di malam hari akan lebih nyaman.

Gaya arsitektur yang ada di kamar cukup unik karena nuansa ‘safari’ nya yang begitu terasa. Mengingat tipe kamar yang saya sewa adalah Giraffe, penuansaan di kamar pun juga dipenuhi dengan ornamen-ornamen ala hewan jerapah yang ada di tembok kamar dan bahkan juga di selimut dan bantal kecil.

Pewarnaan tembok pada kamar juga menggunakan paduan warna coklat muda dan tua yang persis dengan kulit jerapah. Penuansaan ini membuat kamar punya atmosfer safari yang membuat si kecil jadi senang.

Kamar kami juga dilengkapi dengan AC (meskipun akhirnya tidak kami pakai juga karena puncak sendiri sudah memiliki udara yang dingin), dan sofa.

Kamar mandi yang ada di kamar kami menginap juga punya space yang luas sehingga tidak merasa ‘sumpek’ ketika sedang digunakan oleh kami.

Service Pelayan

Meski tidak menyandang status sebagai hotel dengan taraf bintang lima yang mewah seperti hotel-hotel yang ada di ibu kota, Royal Safari Garden Hotel tetap menyajikan para staf hotel yang siap melayani anda dengan profesional dan sukacita.

Selama saya menginap tiga hari dua malam di hotel ini, para staf hotel selalu bersikap ramah dan murah senyum.

Mereka juga terlihat memiliki pengetahuan yang cukup baik seputar hotel karena ketika saya menanyakan beberapa hal, jawaban-jawaban yang diberikan selalu jelas dan informatif.

Para staf hotel juga cukup responsif ketika ada request yang saya atau keluarga minta, seperti ketika kami meminta tambahan bantal atau selimut.

Fasilitas yang Disediakan Hotel

Sesuai namanya, Royal Safari Garden Hotel punya berbagai fasilitas andalan berupa rekreasi ala safari yang bisa anda nikmati bersama keluarga atau bahkan teman-teman.

Ada berbagai rekreasi bersama satwa yang bisa dinikmati di hotel ini, mulai mengendarai satwa seperti kuda, unta, bahkan gajah sekalipun.

Kami sendiri memilih untuk mengendarai unta dengan alasan kedua anak kami ketakutan melihat gajah yang berukuran begitu besar, sedangkan kalau naik kuda pun di Jakarta juga bisa kamu lakukan.

Lalu kami sempat mengunjungi Taman Burung yang memiliki koleksi 60 spesies dan 450 ekor burung yang dilengkapi dengan tiga kubah.

Di kubah pertama anda bisa memberi makan burung nuri, di kubah kedua anda dapat menemukan burung-burung endemik indonesia, dan di kubah ketiga berisikan burung hornbill jenis julang mas dan kangkareng perut putih, andapun bisa melakukan interaksi bersama burung-burung tersebut dan bahkanfoto bersama.

Ada juga Pulau Reptil dimana kami bisa menemukan berbagai macam hewan reptil seperti buaya, ular, kadal panana dan hewan lucu seperti, binturong, sugar glider dan landak mini albino.

Kedua anak kami juga ikutan rekreasi memberi makanan beberapa satwa, seperti burung, kelinci, dan ikan.

Rekreasi lainnya yang kedua anak kami coba adalah bermain wahana outbond yang seru, Mulai dari Flying Fox, High Rope, dan Boomco Wargame.

Saya dan istri juga sempat menemani si kecil mencoba menaiki wahana Paddle Boat dan Mini Train menyusuri wilayah sekitar hotel.

Selain wahana-wahana di atas, ada juga fasilitas rekreasi lainnya yang tidak sempat kami coba. Menurut staf hotel masih ada wahana olahraga yang disediakan oleh hotel. Ada beberapa yang tersedia di sini, mulai dari Mini Golf, badminton, tenis meja, fishing, bilyar, dan lainnya.

Itulah tadi review Royal Safari Garden yang didasarkan pada pengalaman saya menginap di hotel ini selama tiga hari dua malam. Hotel yang satu ini bagi saya sekeluarga cukup memuaskan.

Selain punya berbagai fasilitas rekreasi yang menyenangkan dan sangat cocok untuk si kecil, Royal Safari Garden Hotel juga menawarkan pelayanan dan fasilitas standar yang cukup memuaskan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*